Selasa, 05 Maret 2013

Pelurusan Sejarah Pers Indonesia



Sebagian peserta workshop yang berasal dari perwakilan SMA/SMK se-Kota Manado.

ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) Manado, Selasa 05 Februari hari ini, bakal tampil dalam workshop jurnalistik untuk siswa yang digelar di Aula Dinas Diknas Sulut. Ketua AJI Manado Yoseph E Ikanubun didampingi Sekretaris Ishak Kusrant mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya bakal meluruskan kembali sejarah pers nasional yang selama ini disalahpahami.

“Dalam workshop ini, kami akan paparkan bagaimana sejarah pers Indonesia, perkembangannya pada jaman orde baru, hingga reformasi. Termasuk keberadaan organisasi jurnalis yang ada di Indonesia,” papar Ikanubun dan Kusrant.
Menurut keduanya, pemaparan terkait sejarah pers nasional ini sangat penting dipahami oleh kalangan siswa sehingga nantinya tidak salah persepsi jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang dunia pers itu sendiri. “Di dalam pemaparan materi ini, juga akan kami jelaskan tinjauan historis tentang Hari Pers Nasional. Di mana tidak ada dasar kuat untuk menetapkan 09 Februari 2013 sebagai Hari Pers Nasional atau HPN. Karena sebenarnya itu merupakan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI, salah satu organisasi profesi wartawan di Indonesia,” papar keduanya.
Selain materi tentang sejarah, lanjut Ikanubun dan Kusrant, peserta juga akan belajar tentang kode etik jurnalistik, serta tekhnik wawancara dan penulisan berita. “Jadi setelah materi tentang sejarah yang mengisi ruang kognitif para siswa, selanjutnya kita beri skill dasar tentang tekhnik wawancara dan penulisan berita. Tak lupa juga persoalan etika akan dibahas untuk membangun karakter para siswa atau calon-calon jurnalis sejak awal,” ujar keduanya.
Diketahui acara ini bakal dihadiri sedikitnya 50 siswa dari berbagai SMA yang ada di Manado.  Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Propinsi Sulut, Drs JSJ Wowor MSi bakal membuka secara langsung workshop ini, sekaligus memberikan materi pertama terkait peran pers dalam dunia pendidikan.(***) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar