Minggu, 13 Januari 2013

Pastor Diminta Peduli Akan Kebutuhan Umat





Pastor Yance Lasut Pr selaku Pastor Paroki Santu Joseph Penjaga Kawangkoan saat memberikan sambutan.



USKUP Manado, Mgr Josep Suwatan MSC mengingatkan pada para Pastor Paroki untuk peduli terhadap kebutuhan umat, sebagaimana kepedulian Allah yang ditunjukan lewat pembaptisan kudus. Hal ini disampaikan Suwatan melalui Sekretaris Keuskupan Manado, Pastor Chris Santie Pr saat meresmikan Paroki Santu Josep Pelindung Kawangkoan, Minggu 13 Januari 2013.

“Untuk Pastor Paroki diminta agar lebih peduli dengan kebutuhan umat. Turun langsung untuk mengetahui apa yang dialami oleh umat, karena ini bentuk kepedulian. Allah sendiri sudah menunjukan kepeduliannya dengan menghimpun kita menjadi anak-anakNya melalui pesta pembaptisan Tuhan yang kita peringati pada 13 Januari,” papar Santie.
Santie memaparkan, kepedulian Allah yang ditunjukan melalui pembaptisan mempunyai arti dosa pusaka kita dihapus, dan kita diterima sebagai anak-anak Allah. “Jika Allah saja peduli terhadap kita, maka kita juga harus peduli pada Dia, juga pada sesama. Kepedulian Pastor Paroki adalah dengan bisa hadir di tengah-tengah umat yang ada,” papar Santie.
Dalam kesempatan itu, Santie juga mencontohkan pola kepemimpinan yang dilakoni oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi. “Jokowi rela masuk ke dalam gorong-gorong, untuk melihat secara langsung bagaimana sebenarnya persoalan yang terjadi di masyarakat. Ini kepedulian seorang pemimpin. Tentu saya tidak mengatakan pastor paroki juga harus masuk ke dalam gorong-gorong, nanti malah hanyut dibawa air. Tapi bagaimana bisa hadir bersama umat yang membutuhkan,” ujar dia.
Santie selanjutnya membacakan surat keputusan Uskup Manado Nomor 001/R/SK/I/2013 tentang Pembentukan Paroki santu Joseph Pelindung Kawangkoan serta pengangkatan Pastor Herman Yance Lasut Pr sebagai Pastor Paroki yang dibantu Pastor Made Agung Pr.
Usai perayaan ekaristi dan pembacaan SK, acara dialnjutkan dengan ramah-tamah yang dihadiri ribuan umat Katolik dari Paroki Kawangkoan dan Paroki Langowan. 
Diketahui, Paroki Santu Joseph Pelindung Kawangkoan merupakan pemekaran dari Paroki Santu Petrus Langowan. Paroki yang baru diresmikan ini terdiri dari tujuh stasi yakni, Stasi Santu Joseph Kawangkoan, Stasi Santa Maria Pinabetengan, Stasi Santa Katarina Tondegesan, Stasi Veronika Tombasian Atas, Stasi Santu Bonaventura Tonsewer, Stasi Kristus Raja Tompaso I, dan Stasi Santa Lucia Tompaso II.(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar