Selasa, 26 Juni 2012

Belajar Jurnalistik Bersama Mudika Pineleng



TAK kurang dari 25 personil Muda-mudi Katolik (Mudika) Paroki Santu Fransiskus Xaverius Pineleng mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar, Sabtu (23/06) akhir pekan lalu. Ketua Komisi Kepemudaan (Komkep) Dewan Pastoral Paroki (DPP), Simon Making SS mengatakan, follow up dari kegiatan ini adalah akan diterbitkannya tabloid yang nantinya dikelola oleh Mudika. 
 “Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberi pengetahuan dasar tentang bagaimana dunia jurnalistik. Akan ada pelatihan-pelatihan selanjutnya yang menitikberatkan pada skill anggota, yang berujung pada diterbitkannya tabloid milik Mudika,” papar Making dalam sambutannya saat membuka kegiatan.
Menjadi fasilitator dalam kegiatan ini, tim dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado yang dipimpin langsung Ketua AJI Manado, Yoseph E Ikanubun, Sekretaris Ishak Kusrant, Koordinator Divisi Advokasi Budi Susilo, dan Koordinator Divisi Penguatan Organisasi, Muhamad Irzal serta Koordinator Divisi New Media, Jefry Langi.
Ikanubun yang tampil pertama memberikan pemaparan tentang sejarah pers, termasuk lahirnya AJI dan garis perjuangannya. Selanjutnya, Budi memberikan pengantar jurnalistik serta penekanan pada seluk beluk media cetak, termasuk penulisan berita. Ishak menjadi pemateri berikutnya yang memberikan sedikit pemngetahuan tentang jurnalisme televisi. Sedangkan Irzal dan Jefry, bersama puluhan anggota AJI dari berbagai media, ikut memandu peserta dalam sesi simulai tekhnik wawancara dan penulisan berita.
Mewakili para peserta, Ketua Mudika Paroki Pineleng, Jimmy Lagimbana mengatakan pihaknya mendapatkan banyak pengetahuan dari AJI Manado tentang seluk beluk dunia jurnalistik. “Kami berharap kegiatan ini bukan yang terkhir, karena akan ada pelatihan lanjutan untuk pemantapan penerbitan tabloid milik Mudika,” ujar Lagimbana sambil menambahkan, pihaknya berharap untuk pelatihan lanjutan AJI Manado bersedia untuk kembali menjadi fasilitator.
Usai pelatihan, dilanjutkan dengan pertandingan sepakbola antara tim AJI Manado dan Mudika Pineleng di Lapangan Seminari Pineleng. AJI Manado harus mengakui ketangguhan Mudika Pineleng yang menggunduli tim jurnalis ini dengan skor telak 7-1.(***)    

2 komentar:

  1. Mantap bro, kapan2 kalu AJI bikin acara jangan lupa undangannya ya? hehehe

    eh, salam kenal hehehe

    BalasHapus
  2. heehehe...sip. undangan selalu disampaikan via FB..

    BalasHapus