Rabu, 31 Juli 2013

4126 Siswa Bertarung di O2SN 2013 Balikpapan

IVEN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ke-6 yang digelar di Balikpapan dan Samarinda, Senin (01/07/13), dibuka secara resmi oleh Wakil Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) RI, Prof Dr Ir Musliar Kasim. Rangkaian acara pembukaan yang dipusatkan di Gedung Dome Balikpapan ini dihadiri ribuan siswa dan guru pendamping dari 34 Propinsi di Indonesia.

Artis cantik Deswita Maharani didampingi Ferry Maryadi tampil sebagai pembawa acara. Tembang milik group band Coklat berjudul Bendera mengiringi seremonial pembukaan O2SN. 
Ketua Umum Panitia O2SN, Prof Dr Ibrahim Bafadel dipersilahkan tampil menyampaikan laporannya. Ibrahim memaparkan, jumlah siswa peserta O2SN sebanyak 4126 orang.  Jumlah itu terdiri dari siswa SD sebanyak 27 persen, SMK 23 persen, dan SMP 22 persen. "Jika ditambah dengan para ofisial wasit serta guru pendamping, maka total yang hadir di O2SN ini sebanyak 7506 orang," ujar Bafadel yang juga Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud ini.
Dia menambahkan, O2SN yang akan berlangsung hingga 06 Juli ini merupakan iven yang telah digelar untuk ke enam kalinya. "Dan untuk tahun ini mempertandingan 12 cabang olahraga," ujar Bafadel sambil menambahkan, untuk pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam, medali, dan hadiah tabungan.
Selanjutnya, Gubernur Kaltim, Awang Farukh Ishak dalam sambutannya menyatakan dukungan dan tekad Pemprov Kaltim untuk menyukseskan iven O2SN sekaligus memasyarakatkan olahraga mulai dari kalangan siswa. “Kami bahkan telah menyiapkan Institut Olahraga untuk mengembangkan bakat anak-anak muda di kaltim juga dari seluruh penjuru Indonesia. Ini komitmen kami memajukan olahraga,” ujar Awang. 
Sedangkan Wamendikbud dalam sambutannya menyatakan, melalui O2SN ada banyak hal yang ingin dicapai antara lain bagaimana membentuk nilai-nilai soprtifitas, kerja keras, dan semangat bertanding di kalangan siswa. “Sehingga kita bisa menghasilkan anak-anak Indonesia yang cerdas dan sehat, menguasai berbagai bidang olahraga. Bertandinglah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas,” ujar Musliar.  
Menariknya dalam sambutan itu, Musliar lebih banyak bicara soal kurikulum 2013 serta dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap sektor pendidikan. “Untuk sektor pendidikan, dengan kenaikan BBM ini ada ketambahan jumlah penerima beasiswa, serta nominal rupiah yang diterima para siswa miskin,” ujar Musliar. 
Seremoni pembukaan ini juga diisi dengan penampilan Grup Band Setia yang digawangi eks vokalis ST 12, Charlie.
Usai pembukaan, ribuan siswa ini mulai menuju arena pertandingan dan perlombaan yang tersebar di dua kota yakni Balikpapan dan Samarinda.(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar