Jumat, 12 Desember 2014

Suwarjono dan Arfi Bambani Pimpin AJI Indonesia Periode 2014 – 2017



RANGKAIAN pelaksanaan Kongres Nasional Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia yang digelar di Grand Rocky Hotels Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis – Minggu (27 – 30/11/2014) mencapai puncaknya dengan terpilihnya pasangan Suwarjono (suara.com) – Arfi Bambani (viva.co) sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jendral AJI Indonesia periode 2014 – 2017.  

Dalam voting tertutup yang digelar, Minggu (30/11) dinihari pukul 03.00 WIB, Suwarjono – Arfi memperoleh 157 suara, sementara kandidat lainnya Abdul Manan (Tempo) – Renjani Pusposari (Forbes Asia) mendapat dukungan 83 suara.
Voting tertutup pemilihan Ketua Umum dan Sekjend dimulai sekitar pukul 00.00 WIB itu sempat diulang karena kelebihan jumlah surat suara. Diketahui dari 37 AJI Kota, jumlah total suara sebanyak 245, yang dihitung berdasarkan jumlah anggota AJI Kota. Usai voting pertama, ternyata jumlah surat suara mencapai 246. Aryo Wisanggeni yang memimpin sidang akhirnya memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang. Beberapa saksi dihadirkan, mereka adalah para mantan Ketua Umum AJI Indonesia seperti Ahmad Taufik, Didiek Supriyanto, Ati Nurbaeti, Nezar Patria, dan Eko Item Maryadi.
Akhirnya dalam voting kedua ini, pasangan Suwarjono – Arfi Bambani berhasil unggul dengan perolehan suara sebanyak  157, sementara Abdul Manan – Renjani Pusposari mendapat 83 suara. Terpilihnya Suwarjono – Arfi Bambani ini lantas disambut sukacita ratusan anggota AJI yang hadir di kongres itu.  “Saya nyatakan terimakasih atas dukungan yang diberikan kawan-kawan. Ke depan saya bersama Arfi dan juga pengurus lainnya siap untuk   memajukan AJI lebih baik lagi,” ujar Suwarjono.
Menariknya, sebelum pemilihan, baik Suwarjono maupun Abdul Manan menyatakan  siap membantu siapapun yang memang nanti. “Seperti saya sampaikan sebelumnya, saya siap untuk membantu kepengurusan Suwarjono dan Arfi,” ujar Manan.
Selain pemilihan Ketua Umum dan Sekjend, agenda kongres juga berhasil memilih nama-nama yang akan duduk sebagai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO). Di samping itu, Kongres juga mengusulkan 13 nama yang akan dipilih oleh Ketua Umum sebagai Majelis Etik.
Sebelum pemilihan Ketua Umum dan Sekjend,  forum kongres juga berhasil menetapkan revisi AD/ART dan Peraturan Organisasi, Kode Etik Jurnalistik, serta Rekomendasi dan Garis Besar Haluan Program.(***)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar