Jumat, 27 Desember 2013

Latihan Dasar Jurnalistik Mahasiswa Politekhnik Negeri Manado

ANTUSIASME  mahasiswa Politekhnik Negeri Manado untuk mengikuti Latihan Dasar Jurnalistik (LDJ) ternyata begitu tinggi. Dalam kegiatan yang digelar di Golden Lake Resort, Sabtu (14/12/2013) lalu, tak kurang dari 60 mahasiswa mengikuti acara demi acara. Mereka terdiri dari peserta LDJ, panitia, serta para senior Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Politekhnik. 




“Pelatihan ini bagi kami sangat bermanfaat, untuk menambah wawasan terkait dunia jurnalistik. Apalagi pemateri memang berasal dari kalangan jurnalis, sehingga bisa dengan mudah kami pahami dan mengikuti sesi demi sesi,” ujar Susan Lensun, salah satu peserta saat memberikan pesan dan kesan dalam penutupan kegiatan itu.      
Sementara itu, Ketua Panitia Marcelino Laloan menungkapkan, animo mahasiswa untuk belajar jurnalistik memang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran peserta di lokasi kegiatan dan serius mengikuti seluruh materi yang disampaikan. "Akhirnya kegiatan yang kami laksanakan bisa berjalan dengan sukses. Mahasiswa antusias mengikuti LDJ tersebut," ujar Laloan didampingi Sekretaris Gaby Rumimpunu sambil menyampaikan terimakasih kepada Pengurus Alinasi Jurnalis Independen (AJI) Manado yang bersedia mendampingi para peserta dalam latihan yang berlangsung selama satu hari penuh itu. 
Secara terpisah, Ketua Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Pers, Hendricky Talukaki mengatakan, kegiatan itu merupakan realisasi program kerja sekaligus bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dari para mahasiswa mengenai dunia jurnalistik.
Sedangkan Ketua AJI Manado, Yoseph E Ikanubun didampingi Sekretaris AJI Manado Ishak Kusrant mengatakan, keterlibatan pihaknya tak lain adalah untuk melatih jurnalis muda berbakat, serta menanamkan sejak awal bagaimana sebenarnya dunia jurnalistik itu. "Dari kampus, kami berharap lahir jurnalis muda berbakat, idealis dan independen, untuk tetap bisa menjaga  jurnalisme pada posisi yang sebenarnya," papar Ikanubun dan Kusrant.
Dalam alur materi selama satu hari itu, selain peserta dibekali pengetahuan tentang dasar-dasar jurnalistik, juga belajar tentang etika, sejarah AJI, hingga simulasi wawancara, dan penulisan berita.  
Sejumlah pengurus AJI Manado yang ikut mendampingi para peserta LDJ diantaranya, Koordinator Divisi Advokasi Agus Hari, Koordinator Divisi Usaha Nolfie Tamod, serta beberapa anggota Divisi seperti Erick Tambuwun, Syarif Liti, dan Asrar Jusuf.(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar