Senin, 17 September 2012

Oktober, AJI Gelar UKJ di Makasar



RAPAT  Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) se-Indonesia, Sabtu (15/09) malam, di Puncak Dago Bandung menghasilkan sejumlah keputusan antara lain bakal digelarnya Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) di Makassar pada pertengahan Bulan Oktober mendatang. UKJ ini diprioritaskan untuk jurnalis anggota AJI yang berada di Wilayah Sulawesi dan Maluku.

Rapat dipimpin langsung Ketua Umum AJI Indonesia Eko Item Maryadi didampingi Sekjen, Suwarjono dan diikuti jajaran pengurus AJI Indonesia, Koordinator Wilayah, serta pengurus AJI dari seluruh Indonesia. “Kita putuskan untuk UKJ berikutnya atau gelombang kedua ini digelar di Makassar untuk wilayah Maluku dan Sulawesi. Dikhususkan bagi anggota AJI yang berada di wilayah tersebut, juga membuka peluang bagi daerah lainnya,” papar Item.
Sementara itu, Korwil AJI Wilayah Sulawesi Maluku, Upi Asmaradhana mengatakan, untuk tekhnis pelaksanaannya sementara disiapkan oleh panitia lokal di Makassar. “Secara umum gambarannya adalah, panitia menyiapkan akomodasi bagi peserta. Sedangkan untuk biaya transportasi ditanggung oleh peserta,” papar Upi didampingi Ketua AJI Makassar Anna Rusli.
Terkait pelaksanaan UKJ tersebut, Sekretaris AJI Manado Ishak Kusrant  mengatakan, pihaknya juga membuka kesempatan bagi seluruh anggota AJI Manado untuk mengikuti ujian tersebut di Makassar.  “Yang pasti AJI Manado akan mengirimkan anggotanya untuk mengikuti UKJ tersebut. Untuk pembahasan secara rinci bagaimana mengikuti UKJ itu, akan dibicarakan dalam rapat setelah kami tiba di Manado dari Bandung, pertengahan pekan ini,” ujar Kusrant.
Sementara itu, kegiatan festival media dalam rangka puncak HUT AJI yang digelar di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan Bandung, sejak Jumat (15/09) lalu berlangsung semarak. Sejumlah media nasional serta lokal dari berbagai daerah ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. AJI Manado sendiri ikut membuka stand dengan menampilkan produk-produk media lokal dari Sulut. Sejumlah acara seperti seminar, serta pemutaran film dokumenter juga mengisi rangkaian kegitan festival media tersebut.(***)                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar