Kamis, 02 Agustus 2012

Gustav Pimpin PP Pemuda Katolik


Dari kiri, Ketua PK Minut Fenny Pangemanan, Gustav, delegasi PK Komcab Manado, Venny Nangka, dan Wakil Ketua PK Kota Kotamobagu, Markus Sugeng SPd.


SETELAH melalui pertarungan yang panjang lewat dua putaran pemilihan, akhirnya Agustinus Gustaf Tamo Mbapa terpilih sebagai Ketua Umum PP Pemuda Katolik Periode 2012-2015 dalam Kongres Nasional ke-XV yang digelar di Pontianak, Rabu (01/08) kemarin. Gustaf yang diusung PK Komda NTT ini berhasil menang dengan 143 suara, sementara rival terdekatnya, Rudolfo Jack Paskalis memperoleh 70 suara. 

Memasuki agenda terakhir yakni tahapan pemilihan Ketua Umum, forum Kongres Nasional makin memanas. Apalagi pimpinan sidang memaksakan untuk menyelesaikan agenda ini tanpa harus menskor sidang, sehingga pemilihan pun digelar dari malam hingga pagi hari. Tahapan pertama yakni lewat pendaftaran bakal calon, terjaring delapan kandidat yakni Gustaf, Jack, Imanuel Tular, Oloan Simbolon, Marianus Komanik, Natalis, Syadikin, dan Miko. Namun saat lolos uji kriteria dan pemaparan visi dan misi, Miko, Syadikin, dan Marianus menyatakan mundur dari bursa calon. Putaran pertama akhirnya diikuti lima kandidat. Delegasi Sulut dengan kekuatan 13 suara yang semula mendukung Petrus Rampengan, akhirnya memilih berkoalisi dengan salah kandidat sejak putaran pertama. Pasalnya, meski Tular tidak mendapat dukungan dari Komda Sulut namun tetap ngotot untuk maju. Sehingga dukunganpun dialihkan bukan untuk Tular melainkan ke kandidat lain.  
Hasilnya,Gustav leading dengan 80 suara. Disusul Jack (67), Oloan (32), Tular (23), dan Natalis yang meraup 21 suara. Selanjutnya sesuai dengan tata tertib, dua kandidat dengan suara teratas maju ke putaran kedua. Putaran kedua yang menampilkan duel Gustaf dan Jack akhirnya dimenangkan oleh Gustaf. Strategi yang dimainkan tim sukses Gustaf yang mengkampanyekan kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) harus dukung Gustaf, terbukti ampuh. Jack yang berasal dari organisasi kemahasiswaan ekstra kampus non PMKRI, akhirnya harus mengakui keunggulan Gustav dengan skor 143 banding 70. Usai terpilih, Gustav yang diwawancarai METRO mengatakan, siap untuk membawa Pemuda Katolik  lebih eksis lagi. “Saya siap untuk membawa Pemuda Katolik lebih eksis dalam kepengurusan ini,” papar Gustav yang dalam Kongres Nasional PMKRI di Manado tahun 2004 juga sempat mencalonkan diri sebagai Ketua.
Sidang selanjutnya menetapkan Gustav secara resmi untuk menggantikan MT Natallis Situmorang sebagai Ketua Umum PP Pemuda Katolik. Sebelum agenda pemilihan, juga ditetapkan Kepulauan Riau sebagai tuan rumah Kongres Nasional ke-XVI tahun 2015.(***)

1 komentar:

  1. mantappppppppppppitu foto noh....tpi kypa caption di blok n koran laeng kang...hahahahahahahaha

    BalasHapus